Senin, 28 April 2014

BELAJAR

BELAJAR
TUJUAN PENULIS
agar pembaca dapat :
  1. menguraikan arti penting belajar. Hal ini diambil dari Taksonomi Bloom pada persoalan kognitif dan terdapat dibagian ke-2 (C2)
  2. menjelaskan tujuan dari bejar. Hal ini diambil dari Taksonomi Bloom pada persoalan kognitif dan terdapat dibagian ke-2 (C2)
  3. mempraktikan cara belajar yang baik menurut crow and crow. Hal ini diambil dari Taksonomi Bloom pada persoalan psikomotorik dan terdapat dibagian ke-2 (P2).
semoga apa yang ditulis oleh penulis tujuannya bisa tercapai dengan baik kepada para pembaca.

 1. Arti Penting Belajar

     Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. ( Muhibin Syah.Psikologi Pendidikan.(Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2013), h.87 )

Belajar menurut :
  • JEANE ELIS ORMROD (2008), belajar adalah perubahan jangka panjang dalam representasi atau asosiasi mental sebagai hasil pengalaman. hal ini ada 3 keterkaitan yaitu tentang jangka panjang, representasi/asisoasi, dan pengalaman.
  • SKINNER yang dikutip oleh BARLOW (1985), belajar adalah suat proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progessive. (ibid.h.88)
  • CHAPLIN, belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat praktik dan pengalaman.
  • HITZMAN, belajar adalah suatu perubahan pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku suatu perubahan pengalan yang dapat mempengaruhi tingkah laku organiseme tersebut.
proses belajar diambil dari bayi.info



gambar di samping adalah gambar dimana seorang bayi sedang belajar berjalan. Hal yang terjadi pada bayi di sebabkan karna adanya proses belajar yang bayi alami, dan mengakibatkan adanya suatu perubahan dari yang tidak bisa jalan menjadi bisa.

 2. Tujuan Belajar
tujuan belajar ada dua yaitu :
  • tujuan belajar kognitif untuk memperoleh fakta/ingatan, pemahaman, aplikasi, dan kemampuan berfikir analisis, sintesis, dan evaluasi.
  • tujuan belajar afektif untuk memperoleh keterampilan gerak maupun keterampilan fisik yang berkaitan dengan keterampilan gerak maupun keterampilan ekspresi verbal dan nonverbal.
3. Cara Belajar yang Baik Menurut Crow and Crow
  • adanya tugas-tugas yang jelas dan tegas
  • belajarlah membaca dengan baik
  • gunakan metode keseleruhan dan metode bagian dimana diperlukan
  • pelajari dan kuasai bagian-bagian yang sukar dari bahan yang dipelajari
  • buatlah outline dan catatan-catatan pada waktu belajar
  • kerjakan atau jawablah pertanyaan-pertanyaan
  • gunakan bermacam-macam sumber dalam belajar
  • pelajari baik-baik tabel, grafik, gambar, dan sebagainya
  • buatlah rangkuman (summary) dan review

    gambar model pembelajaran siklus belajar bersumber dari penelitiantindakankelas.blogspot.com
di bawah ini adalah ayat yang menjelaskan tentang pentingnya belajar yang dimana belajar ini sangat erat kaitannya dengan proses pencarian ilmu. kegiatan belajar dapat berupa manyampaikan, menelaah, mencari, mengkaji serta meniliti.

 . الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ . اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ . خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ . أْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَاقْرَ
 . عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
“Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah. Dan Tuhanmullah yang paling pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-‘Alaq/96:1-5).
sekian penjelasan tentang belajar dari saya saya berhararp tujuan yang saya inginkan dapat tercapai. 

sumber yang saya ambil untuk menulis ini dari 
Khodijah, N.(2014).Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Purwanto, M.N.(2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sabri, M>A>(2007).Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar